Rabu, 05 Februari 2014

Root Xperia E Tanpa PC menggunakan RootMaster

Assalamualaikum.. Postingan pertama di bulan februari. Kali ini saya mau bahas Smartphone saya sendiri nih, Sony Xperia E..

Berbulan-bulan saya pikirkan cara root yang paling mudah untuk Xperia E dan tidak berhasil.
Banyak yang bilang karena saya menggunakan firmware 11.3.A.2.23 yang katanya sangat sulit sekali untuk di root, saya tanya di grup facebook ini-itu dan sama sekali tidak mendapatkan jawaban. Sampai akhirnya saya berhasil menemukan cara untuk rooting hp ini..

Menggunakan RootMaster, ternyata proses root dengan aplikasi ini lebih mudah dibanding Framaroot (aplikasi untuk rooting juga) yang versinya sangat banyak tapi gagal semua. Sudah langsung saja langkah-langkahnya. Sebelum itu, saya hanya mengingatkan, pada proses rooting ini garansi akan hangus. Jadi, siapkan nyali kalian ya :3

1. Download aplikasi ini : Rootmaster 1.3.6 - (mirror : Rootmaster 1.3.6)
2. Instal dan jalankan aplikasi
3. Setelah terbuka, Rootmaster memang hanya menampilkan bahasa cina, tapi jangan khawatir.. Hanya bahasa kok
4. Sentuh "mulai root"
5. lalu muncul 2 opsi.. pilih "root"
6. muncul 2 opsi lagi, pilih "batal"
7. Tunggu sebentar, jika sudah selesai, sentuh tombol home lalu masuk ke app drawer
8. Jangan lupa perhatikan apakah aplikasi ini sudah terpasang atau belum


Jika aplikasinya sudah muncul pada Xperia E kalian, selamat!! Xperia E berhasil di root

Selamat mencoba..


Add me on Facebook : Nopyan Saiful Pajeri
Follow me on Twitter : @NopyanSF
Whatsapp : 081286323486

375 komentar :

  1. Balasan
    1. wah iya sama-sama :)
      terimakasih juga sudah mengunjingi blog ini :)

      Hapus
    2. bro, abis root hapenya musti diapain??? (maklum masih newbie)

      Hapus
    3. firmware 11.3.a2.33 bisa diroot ga

      Hapus
    4. gan misalnya udh Root master nya boleh di apus ??

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bisa juga kok, Rootmaster dukung firmware 0.47, 2.13, 2.23 jadi jangan khawatir..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Siip, terimakasih juga sudah mengunjungi blog ini :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Silahkan coba lagi mas.. saya tadi udah cek nggak ada masalah kok :)

      Hapus
  5. Mantaaaaaaaap gan, sukses dah. berkali-kali sampe pusing ane mencari aplikasi n cara meroot tp tidak pernah berhasil, tp akhirnya setelah mampir di blog ini, XPERIA ane bisa diroot. thank you gan, salam anak kaligangsa brontak - Tegal

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya sama sama.. saya juga awalnya nggak bisa kok, begitu bisa ya langsung saya share disini :)

      Hapus
  6. ini download aplikasinya di pc atau di hapenya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dari hapenya bisa kok :) silahkan mendownload :)

      Hapus
  7. Kalo nanti sistemnya di up date harus di root lagi ngga yah? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sih, kalo pas update rootnya hilang ya musti root lagi :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. Buka perizinan rumah tangga > setup > cari "hak akses root sudah hilang" > bersihkan

      semoga membantu

      Hapus
  9. Gan xperia qu bootlup gan stelah aku root pk3 root master gmn gan caranya ngmbali'in... tolong dblz

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya xperia e nggak akan bootloop kalau di root. apa saja yang sudah anda lakukan setelah root?

      solusi saya, flash lagi menggunakan flashtool. siapkan dulu data-datanya sebelum flashing, seperti firmware, rom bawaan xperia, flashtool, kabel data, dll.

      Hapus
    2. Stelat slese lalu aku doload" font d playstor...dah syapkn gan flashtool &frimwarexaaaa...

      Hapus
  10. Coba kasih link freamware xaa gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bisa saya pastikan kesalahannya dari font yang tidak cocok. bukan dari proses rooting

      untuk firmwarenya, tunggu ya. saya sibuk soalnya

      Hapus
  11. Gan sory diluar tema. Gimana si update software xperia e 11.3.A.2.23 ? Ane kesulitan ?
    ane sekalian mau root

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik menu, lalu pilih Update center/Pusat pembaruan.. pilih tab sistem, lalu reload

      pastikan koneksinya full speed ya.. karena dalam proses pengunduhan, update bisa nggak jalan jika koneksi lemot

      Hapus
  12. Tapi hrus pakai pc companion gan katanya? Gimana ni?
    Klo update yg prtama ane lewat hp tapi hrus pakai wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak juga mas.. itu untuk yang nggak bisa update langsung dari hapenya.. soalnya saya update fw 23 ini langsung dari hape

      iya, memang harus wi-fi.

      Hapus
    2. Oke mas thnks ya atas infonya.
      Kalo android nya udh di root tandanya apa aja ya mas?

      Hapus
    3. siap.. terimakasih kembali.. :)

      Android sudah dianggap diroot, jika SuperSU/Superuser/Perizinan Rumah tangga sudah terpasang..

      tapi beda lho kalau pasang manual dari playstore-nya.
      maksudnya begini, di Play Store kan ada yang namanya Superuser, tapi jika anda download bukan berarti hp anda sudah di root..

      terimakasih kunjungannya. jangan malu utk bertanya disini.. :)

      Hapus
  13. cara mindahkan aplikasi ke memori sd bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya pakai Link2SD, tapi saya belum pernah coba

      Hapus
  14. Masih ga bisa lagi mas saya coba pakai wifi. Gimana jadi mas ??
    Apa coba pakai pc aja yaa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kalau di hpnya tidak ada notifikasinya. Update via PC saja

      Hapus
    2. Kalo lwat pc agan tau ga caranyaa ?

      Hapus
    3. setahu saya download flashtool dulu. atau pc companion. hubungkan hp ke pc.. tunggu perangkatnya dikenali dulu, setelah itu pilih update

      Hapus
    4. Gan kenapa ya xperia ane ga muncul di pc file'' nya ,memory nya juga ? Tlong pencerahan nya?

      Hapus
  15. makasi bang udah lama cari caranya gak dapat makasi bang

    kalok udah muncul cara ceknya bagai mana bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke. sama-sama
      cara cek : pastikan aplikasi "Perizinan rumah tangga" terpasang.

      udah itu saja :D

      Hapus
  16. Gan.. Ko Ada tulisan program root lokal gagal.. Dia terhubung ke cloud.. Trus mandeg disitu.. Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm. kejadiannya persis pas saya bantuin root hape temen, galaxy mini 2.
      kalau root gagal, bisajadi karena firmwarenya yang kurang cocok.

      waktu di root gagal lalu masuk ke cloud, pastikan internet nyala. karena proses rootingnya menggunakan internet.
      firmwarenya versi berapa mas?

      Hapus
  17. Balasan
    1. Gan d luar tema neh sorry kli j tau,tmn mau jual vandroid t2c,tp kl ngecas lm bgt bot penuh amp setengah hari,tp batre normal suhunya g pns dan g cepet abis ktika d pake,normal g kl ngecas amp bs 6 jam lbh,makasih sblmnya..

      Hapus
    2. menurut saya itu wajar, karena ukuran dan mAH batrenya besar.. jadi butuh waktu lama juga untuk men-chargenya..

      jika ingin pengisian lebih cepat, saya sarankan pasang DU Battery Saver, pilih settings, cari pilihan Fast Charge, check list/nyalakan. tapi pada saat pengisian, usahakan androidnya keadaan nyala. untuk merasakan efek dari Fast charge itu..

      semoga membantu

      Hapus
  18. Makasih gan.. Sungguh sangat bermampaat blognya.. Root xperia sy jg berhasil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, terimakasih juga sudah mengunjungi blog saya.. :)

      Hapus
  19. Thank gan....
    klo mo nambah memory tlpnya gmn gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai cara swap memory (kartu SD bertukar tempat dgn memori internal). tapi saya belum pernah mencobanya..

      Hapus
  20. Thanks gan, xperia ane udh berhasil di root (y)
    Thanks bgt :)

    BalasHapus
  21. berapa lama proses rooting setelah klik batal itu?

    BalasHapus
  22. kekurangan root selain hilang garansi apa lagi gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluang untuk terkena bootloop lebih besar, misal setelah rooting lalu memasang font. kalau font tidak cocok dengan hpnya maka akan bootloop.

      Hapus
    2. oke thx infonya,hp udh berhasil di root :)
      tapi kalo ngga pasang font itu pasti aman2 aja kan ya?

      Hapus
  23. Gan,ane cba perbaruin xperia e pke PC,,
    Ane cba pke pket yg 250mb,,tpi blum smpe slsai paket'a kbru abis,,kira" bsar dta buat pembaharuan'a xperia e brpa y,,jga minimal pke paket yg brpa,,,terima kasih,,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau update via pc biasanya memang butuh data besar, tapi update firmware xperia e hanya 26mb jika update langsung dari hpnya.. saya sarankan lebih baik update langsung di hp menggunakan wi-fi.

      Hapus
  24. Klo udh di root,,kelihatan bda dri apanya y gan,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya "Peizinan rumah tangga" pada menu aplikasi.

      Hapus
  25. nubi min,saya coba2 root xperia e dan berhasil aplikasi banyak yang sudah bisa di sdcard pakai app link2sd tapi lama sudah tidak bisa lagi pindah apalikasi. apa saya harus root lagi?mohon pencerahannya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba link2sd nya ganti dengan yang terbaru.. atau coba timpa aplikasi perizinan rumah tangganya dengan SuperSU.. timpa aplikasinya lewat root explorer.

      Hapus
    2. maksudnya gimana min?blum paham.apa supersu install lg?

      Hapus
    3. timpa aplikasi dengan aplikasi root yang lain.. via root explorer..

      kalau berkenan anda bisa menghubungi saya di BBM.. :)

      Hapus
  26. gan klau ud di root ciri2 nya ap gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba perhatikan lagi postingannya mas.. Ciri2nya sudah terpasang "Perizinan rumah tangga"

      Hapus
  27. XPERIA E DUAL ku berhasil di root,makasih Bang...

    Ada temen mau nge root android 4.2.2 nya,hpnya merk Evercoss A28A,bisa pakay Rootmaster ini gak Bang...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama..

      untuk jellybean 4.1-4.2 bisa sepertinya.

      Hapus
  28. gan, mau ijin mencoba root hp xperia E pake root master dari agan..
    mudah2an bisa..

    BalasHapus
  29. kalo sudah diroot trus sdah brhasil..
    langkas slanjutnya gmn gan???

    dan di aplikasi nya sdah trpasang (perizinan rumah tangga) itu di klik/sentuh lgi???

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah selanjutnya ya? hmm anda modif saja semampunya :)

      tapi jika misalnya mau buat statusbar transparan, perizinan rumah tangganya harus diganti dulu.

      Hapus
  30. Gan,, ane pakai xperia e1 dual trus waktu root ada muncul "Program Root Lokal gagal, disarankan menggunakan Cloud Root"

    Trus itu di apain yak? Mohon pencerahannya.

    Sy udah pilih "Root terhubung program Cloud yang cocok" tp gak ada muncul apa2 malah di suruh pilih wifi padahal sy sudah connect ke wifi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya :
      force close dan clear data root masternya. lalu coba lagi

      jika tidak bisa, anda bisa menghubungi saya di BBM untuk lebih lanjut :)

      Hapus
  31. makasih banyak gan, berhasil. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :) makin banyak nih yang bilang berhasil :)

      Hapus
    2. Koq ada pesan root lokal gagal trus disuruh menggunakan cloud root cload root it sjenis apk atau apa mas mohon bntuanya ...?

      Hapus
  32. Gan itu untuk Xperia E single sim atau dual sim?

    BalasHapus
  33. gan, kalau udah di rooting bukannya aplikasi bisa kita pindahin yA KE SD card.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, rooting hanya memberi jalan aplikasi (yang butuh akses root) untuk masuk..
      setelah rooting, anda bisa memasang aplikasi pihak ketiga. Link2SD contohnya :)

      Hapus
  34. rootmaster download nya di playstore apa gmn mohon pencerahan...trs mau update pake pc companion sll ga bisa padahal kabel usb nya baru dan ori...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di postingan saya juga ada kok :)
      kalau update, coba pakai wi-fi.. pc companion biasanya sering ada kesalahan.

      Hapus
  35. Buat ngeroot E dual bs gk ga
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. gan, fungsinya ngeroot buat apa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsinya, mengizinkan aplikasi yang membutuhkan akses root untuk masuk (khusus android).
      contohnya : Xposed Installer dan XBlast Tools tidak akan bisa dipakai di hp jika hpnya belum di root. agar bisa masuk/dipakai, maka diperlukan akses root..

      Hapus
  37. gan bisa tolong bantu ane, hp ane smartfren andromax c2 berbagai aplikasi root sudah saya coba, baik yg melalui root memakai pc dgan kingo root dan srs click root ,tapi hasilnya tetep nihil gan, bantu domk gan info2 nya untuk root c2 ane, makasih gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas saya usahakan untuk cari cara rootnya :)

      Hapus
  38. Balasan
    1. Galaxy y bukannya cara rootnya lebih mudah ya (lewat update.zip)? untuk aplikasi ini sepertinya nggak mendukung tipe hp ini :)

      Hapus
  39. Gan sebelum di root sony xperia saya kan gak isa buat main pes 2012 klo sudah di root kira" bisa ato nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih, pakai patch Adreno 200, tapi itu berbahaya dan saya tidak pakai itu :)

      Hapus
  40. Balasan
    1. beri penjelasan lagi dong. saya kurang paham :D

      Hapus
  41. Makasi gan, mslh utama xperia E memori internal cuma sdikit, bisa ga gan stlh di root smua aplikasi dipindah ke memori xternal. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau eksternal harus swap memory mas.. nggak bisa kalau (misalnya) pakai Link2SD :)

      Hapus
  42. bang untuk ngerootnya harus update ke jelly bean dulu pa ga.. coz hape saya Xperia e dual ics terima ksh mhn bantuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rootmaster dukung android versi 4.1 kebawah kok..

      Hapus
  43. ok bang Xperia e dual gw akhirnya bisa jg di root... thank ya..!

    BalasHapus
  44. Balasan
    1. Wah saya kurang tau, tapi kayaknya nggak bisa..

      Hapus
  45. cara mengetahui kalo hp udah berhasil di root gimana ga? saya coba cek pakai root checker tapi katanya tidak berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah muncul "Perizinan rumah tangga" di menunya belum? silahkan dicek lagi
      saran : kalau pakai root checker, jika muncul perbolehkan "perizinan rumah tangga" mengizinkan aplikasi ini? pilih "izinkan" nanti juga muncul tulisan "Congratulation! your device have a root access"..

      Hapus
    2. oke. terimakasih gan. ternyata berhasil. hehehe.

      Hapus
  46. Gan mau tanya caranya swap memory itu gimana ya?

    Trus bootloop itu yang kayak gimana sih gan??? Bahaya kah???

    Makasih :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk swap memory saya kurang tahu, karena saya nggak pernah pakai cara itu.

      Bootloop itu proses booting yang gagal, animasi bootingnya hanya stuck di logo Sony. nggak bisa masuk desktop. untuk orang yang nggak tahu cara perbaiki hp bootloop jelas ini bahaya, nggak akan bisa dipakai hpnya..

      Hapus
    2. Makasih Bang Nopyan Saiful... :D Berhasil.. Oia Pengalaman Saya Waktu Hp Saya Bootloop Sangat Kesulitan Untuk Memperbaikinya.. Hampir Putus Asa Karna Selama 1 Minggu Xperia E C1505 tidak berfungsi.. Berkat dibantu tmn2 saya Alhamdulillah Xperia saya kembali Normal. Saran menghindari Bootloop : "JANGAN SEMBARANG GONTA-GANTI FONT" Sekali Lagi Makasih Untuk Blognya Bang Nopyan Saiful. :)

      Hapus
    3. Wah iya mas Raudhi sama-sama :) sebenernya bootloop itu nggak cuma karena font aja lho mas, penyebab lainnya karena ROM yang tidak cocok, Live Wallpaper yang terlalu berat, games yang dipaksakan untuk hp yang speknya kurang bagus, dll.

      saya pernah pasang Live wallpaper Cosmicflow di Galaxy Mini entah terlalu berat atau apa, layarnya terpotong menjadi 4 dan akhirnya mati, setelah dinyalakan ternyata bootloop. itu pun kondisi belum root lho :D

      Hapus
    4. Wah bisa gitu ya mas.. Berarti cukup banyak ya mas penyebab2 terkena bootloop.. Maklum mas nopyan, saya baru2 belajar.. :D sukses terus untuk mas nopyan dan juga blognya yg bermanfaat ini..

      Hapus
    5. Memang banyak kok.. jadi jangan kira penyebab bootloop itu karena root doang.. salah besar itu..

      Wah terimakasih ya mas, request juga dong.. biar seru blog-nya.. :D

      Hapus
  47. Mas nopyan, maap numpang tanya nih. Kalo xperia e saya mau update sistem pake pc companion trus kondisi hp saya rooted (setelah baca postingan mas nopyan, hehe..makasih banyak mas)..pertanyaannya: apakah tidak akan berdampak buruk kah?? Soalnya bnyk yg posting kalo hp rooted "Dilarang Keras" update sistem. Mohon pencerahannya mas, barangkali bisa share pengalamannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp yang rooted memang dilarang keras untuk update sistem, terlebih untuk yang sudah UnlockBootLoader atau ganti ROM (untuk yang 2 ini, biasanya setelah download update, muncul pemberitahuan gagal). tapi untuk yang kondisi root saja nggak bahaya kok, hanya nanti Root-nya saja yang hilang..

      Untuk yang sudah root dan terpasang Xposed (beserta modul aplikasinya) cukup mematikan modulnya, uninstal, lalu lanjutkan update sistemnya.

      Hapus
    2. Selama ini saya baru ganti font sma modifikasi tema saja mas, trus saya sudah pasang aplikasi link2sd. Apa saya masih bisa update sistem mas? Kalo bisa apa langkah yg hrus sya lakukan? Unlink dulu aplikasi di link2sd ato gimana? Maaf mas saya gaptek klo mslh ini..ehh ya mas, sya invite mas di bbm, tolong convirm yaa, hehehe

      Hapus
    3. Iya mas, harus di unlink dulu semua aplikasinya.. takut aplikasi rootnya hilang.. :)

      Hapus
  48. Makasih bang experia saya udh bisa d root...klo bwt pindahin aplikasi ke sd nya saya pakai aplikasi titanium backup..bwt menghapus aplikasi apk di sistem nya saya pakai file manager.. Pertanyaan saya,ngaruh gak di aplikasi" hp klo aplikasi apk nya saya hapus..?? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung aplikasinya yang mau dihapus mas.. kalo apps bawaan Google biasanya bikin rusak hpnya, tapi kalau aplikasi pihak ketiga (bawaan vendor hp nya) itu biasanya ada yang gampang dihapus ada juga yang nggak..

      masih bingung nih pertanyaannya..
      untuk file .apk hasil backup nggak akan berpengaruh sama hpnya kok.. tapi .apk dari sistem root lebih baik jangan..

      Hapus
  49. Maap mas mau tanya, kalo letak folder fonts contohnya di aplkasi total commander itu di folder file system root-system-fonts. Bener ga itu?

    BalasHapus
  50. mas, proses nya lama , langsung saja pencet home, tp sudah ada perijinan rumah tangga ? proses rootnya lebih dari 1 menit sperti yang mas bilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu udah selesai rootnya mas.. bisa dihapus kok root appnya.. :)

      maaf ya telat balasnya, keyboard laptop rusak

      Hapus
  51. kalo udah beres di root terus cara pindahin aplikasinya biar bisa ke memory ext gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai Link2SD, tapi saya belum pernah coba

      maaf ya telat balasnya, keyboard laptop rusak

      Hapus
  52. gan ko saya ga munculmuncul prizinan rumah tangganya pdahal dah tunggu 2 menitan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum berhasil tuh mas kayaknya.. coba clear data, uninstal, pasang lalu coba lagi.. :)

      Hapus
  53. mas mau tanya,kan kalo di root bisa ngapus aplikasi bawaan,nah itu berbahaya tidak?bisa dikembalikan aplikasinya?saya masih sangat awam,trimaasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih yang bahaya, biasanya sih aplikasi2 google.. nah itu nggak bisa dihapus, tapi sekalinya dihapus ya ngaruh ke sistemnya..
      untuk aplikasi bawaan vendor hp nya (sebut saja Sony) biasanya bisa dihapus, tapi mungkin sebagian ada yang nggak bisa.

      Dikembalikan ya? pastikan anda punya backup aplikasinya sebelum menghapus aplikasinya.. jadi ketika anda menghapusnya dan anda menyesal, bisa dikembalikan (instal ulang aplikasi)..

      Hapus
    2. caranya tau kalo androidnya sudah di root gmn ya?
      ko kyknya ga ada bedanya gitu sebelum-sesudah diroot
      mav ya ini belum tau apa2 saya hehe

      terimakasih

      Hapus
    3. Sudah muncul "perizinan rumah tangga"nya belum? kalau belum ya belum diroot, silahkan baca lagi postingannya..

      Hapus
  54. bos saya coba di samsung galaxy neo GT19060 gagak terus kenpa ya? solusinya. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena versi Androidnya 4.1.2 keatas itu nggak cocok mas.. silahkan coba Impactor atau TowelRoot :)

      Hapus
  55. Koq ada tuisan root lokal gagal n disrankan mengunakan cload root cload root itu sejenis apk atau apa ksih bntuannya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending di clear data dulu aja mas, uninstall lalu coba lagi..
      Dulu saya root di galaxy mini 2 juga begitu pas di temenku :)

      Hapus
  56. terima kasih banyak :D
    xperia E saya berhasil di root

    BalasHapus
  57. pke aplikasi rootmaster apa bener work gan ??
    jgan2 cm work di menu drawer
    saya uda coba pke cara ini
    tp waktu buka terminal emulator
    dgn perinyah "su" kok simbolnya masih $
    bkankah HH yg sudah diroot
    simbolnya "#" ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tipe Half-root memang begitu.. nggak semuanya aplikasi bisa berhasil minta ijin ke Rootmaster.. kalo anda timpa dgn SuperSU via root explorer saya pastikan berubah ke simbol "#"..

      Hapus
  58. binggung ni xperia E1 ngerotnya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai Towelroot mas.. bisa didownload di towelroot.com

      Hapus
  59. Om experia e1 yg sy ko susah g bisa ngroot pke yg spt d atas .pdhl ikutin spt cara itu.gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk versi android 4.2 keatas memang kebanyakan nggak cocok dengan aplikasi ini mbak.. Coba pakai aplikasi selain Rootmaster, Towelroot contohnya..

      Hapus
    2. Pke towelroot ud d coba tp g bsa jg.gmn ya om maaf awam masalah ng root tp penasaran pengen ng root

      Hapus
    3. Hmm kira-kira nggak bisanya pas gimana ya?
      Atau coba clear data, uninstall, lalu reboot hpnya.. habis itu pasang lagi Towelrootnya, coba root lagi.

      kalau nggak bisa, coba Impactor, tapi pakai PC, agak susah juga.

      Hapus
  60. Balasan
    1. Maaf agak lama soalnya saya masih pelajar. Hehe..

      Hapus
  61. kalo udah di root trs mau gnti font, aplikasi yg cocok apa ya? mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika masih Rootmaster kemungkinan utk bootloop lebih besar.. saya saya nggak sarankan untuk ganti font..

      Soalnya Rootmaster itu masih Half-root.

      Hapus
  62. Tolong cara root utk KitKat 4.4.2 dong gan,,saya cari caranya udh seminggu gk ktmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang belum ada caranya mas utk KitKat mas.. pakai towelroot itupun juga untung-untungan..

      Hapus
  63. sony xperia E bisa diupgrade ke brpa ? kitkat bisa gak.

    BalasHapus
  64. Gan Misalnya udh Root Master nya boleh di apus

    BalasHapus
  65. mau tanya kalau ramnya penuh trs app nya di pindah ke eksternal pakek Rootmaster 1.3.6 bisa ga?

    BalasHapus
  66. App drawe itu apa ya gan??

    BalasHapus
  67. kalau udah diroot Rootmaster 1.3.6 bisa dihapus

    BalasHapus
  68. saya masih binggung nih gan app drawer itu apa ya ? ko saya cari ga ada gitu ?
    tolong kasih tau ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh x_x maksud saya di menu apps mas.. atau kumpulan aplikasi. nah di kumpulan aplikasi itu coba cari yang namanya "Perizinan rumah tangga".

      Hapus
    2. mas saya udah coba, muncul perijinan rumah tangga tapi kok tak buat install aplikasi masih aja tidak ada ruang ya katanya

      Hapus
  69. ini untuk semua jenis sony xperia kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya nggak semua sih. Soalnya kebanyakan nggak bisa dipake untuk android 4.2 keatas, untuk 4.2 keatas harus pake root app lain.

      Hapus
  70. Kalo sudah sukses apakah bisa buka superSU dan titanium backup. ?
    Cz saya selalu pake framaroot dam sudah terdaftar binaru SUnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. yang jelas SuperSU harus berhasil dibuka.. baru deh aplikasi lain (yang butuh root) bisa dibuka

      Hapus
  71. root pake root master apa aja ya resikonya ?
    dan cara menyiasati resiko itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada resiko. kalaupun mau di unroot bisa juga. jadi nggak perlu tuh yang namanya siasat :p kayak sinetron aja.

      Hapus
  72. root pake root master resiko nya apa ya ?
    trus cara menyiasati resiko itu gimana ?

    BalasHapus
  73. Gan sy cb tekan mulai root+root+tekan bahasa china (bukan batal. Kr tekan batal gak terjd apa2). Lalu yg terinstal bkn perizinan rumah tangga tp supersu. Apa itu sdh ok gan. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sudah ok kok.. malah lebih bagus yang itu, jadi selamat ya :)

      Hapus
  74. bro, klau root buat xperia e1 dual yg cocok pakai apps. apa y (vroot, framaroot, towelroot atau ada yg selain itu ) ?? soalnya gw nggk tahan mau gaming yg berkapasitas besar. Respond plz!! Thnks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai towelroot aja, soalnya framaroot lebih banyak berhasil di android 4.1 kebawah.. Cara rootnya bisa anda lihat di blog ini (bukan halaman ini)
      Selamat mencoba

      Hapus
    2. bro, dmn letak resiko/bahaya dr rooting kalau cuma mau move internal to sdcard buat gaming? bkn buat font, overclcking, memperkuat GPU atau apalah, cuma buat gaming berukuran besar di sdcard aja!!! thnks.

      Hapus
    3. Sepertinya nggak ada bahayanya.. kecuali setelah di move to sdcard lalu unroot..
      tapi saya belum pernah nyoba sih.

      Hapus
    4. Gini bro, saat ni gw lg coba goprek E1 dual pake towelroot, towelroot sukses, sayangnya koq gagal saat update SuperSU?? Respond plz!! Thnks

      Hapus
    5. Dari towelrootnya udah ada notif berhasil diroot belum? kalau masih ragu cek dulu aja pakai root checker.. kalau disitu belum ada tulisan "congratulations! your device is rooted" berarti harus diulangi dari awal..

      Hapus
    6. udah ada notif gini "thanks for using towelroot! "
      "you should have root , no reboot required" . waktu pakai root checker rupanya belum. gimna y?

      Hapus
    7. bro, mungkin karna fimware ya, soalnya gw pakai 20.0.B.0.74 dr os apk 4.3

      Hapus
  75. gan kok Perizinan Rumah tangga bukanya SU? bener bisa di kotak katik ga nantinya??


    BTW lagunya keren gan :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus ini buat 11.3.A.2.23 ? bukan 11.3.A.2.33 ?

      Hapus
    2. Perizinan rumah tangga bisa di overwrite dgn SuperSU lewat Root Explorer. untuk lebih jelasnya jangan disini ngobrolnya..

      Ini buat 2.23, bisa juga kok 2.33

      lagu yang enak apa lagi ya? :3

      Hapus
  76. apa external SD kart harus kosong???

    BalasHapus
  77. mantap gan hp gue bisa xperia e single 11.3.A.2.13

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku semua firmware Xperia E Single bisa kok.. tapi nggak tau sih untuk 0.47

      Hapus

Jika ada keluhan, silahkan tulis di komentar..