Minggu, 27 November 2016

Flashing Xperia ZR (Global / Docomo)




Assalamualaikum semuanya. Hampir 2 tahun saya nggak ngeblog karena kesibukan yang luar biasa :D (ada pengaruh dari kuota dan rajin juga sih)
Langsung saja ke cara flashing Xperia ZR ya.

Sedikit curhat.. hmm, Xperia ZR. Tepatnya Xperia ZR docomo, akhir bulan agustus kemarin saya coba beli device ini dengan harga 1,150 pakai uang tabungan saya sendiri. Awal saya coba hp ini ternyata agak boros baterai dan gampang panas, menurut saya ini mengganggu sekali terutama jika ditaruh di saku celana. Makanya itu saya lebih sering taruh hp ini di tas. Setelah saya tanyakan ke grup ternyata masalahnya memang ada di rom Lolipop yang kabarnya gampang panas. Saya ganti rom 5.0.2 ternyata tidak memberi efek apa-apa malah semakin panas (jelas lah masih keluarga Lolipop juga hahaha). Jadi ya sudah saya upgrade lagi ke 5.1.1 karena sudah nyaman melihatnya.

Alhasil saya sudah nggak pengen gonta-ganti rom lagi dan saya mau share pada kalian yang punya Xperia ZR mau itu global atau docomo, yang mau flashing karena bosan atau bootloop atau lainnya. Disimak saja..


Firmware :
ROM Lolipop 5.0.2 (
C5503_10.6.A.0.454_Customize d_HK.ftf) klik disini
ROM Kitkat 4.4 (C5503_10.5.1.A.0.283_Customized-MEA.zip) klik disini

Alat :
Xperia ZR (Global / Docomo)
Flashtool 0.9.18 klik disini
Flashtool 0.9.13 klik disini

Kabel data

-Saya pilih flashtool 0.9.18 karena nggak perlu repot-repot pasang driver untuk flashing, jadi setelah masuk ke flash mode langsung jalan. Sudah ditest-
ada alternatifnya, 0.9.13 karena saya lupa mana yang asli XD

Cara flashing :

1. Download flashtool lalu install. Untuk firmware, kalian bisa pilih mau pakai Android versi apa. Setelah flashtool dan firmware selesai didownload, matikan koneksi internet lalu buka Flashtool.exe atau Flashtool64.exe (jika internet nyala, flashtool akan butuh waktu untuk sync aplikasi)

2. Setelah dibuka, tampilannya akan seperti ini. Klik logo petir di sebelah kiri.




3. Setelah klik logo petir, klik OK. (Default : Flashmode)


4. Lalu masuk ke pemilihan firmware, jika pilihan firmware kosong, klik tombol browse.


5. Pilih file firmware (ftf) yang sudah didownload tadi, folder default biasanya ada di Downloads. Jika format file masih *.zip , di ekstrak dulu lalu browse lagi lewat firmware selector.


6. Jika sudah ketemu file nya. Jangan lupa centang Exclude Partition. (PENTING untuk pengguna Xperia ZR Docomo : Xperia ZR Docomo punya memori internal 32GB, jika mengabaikan opsi ini maka memori Internal device menjadi 8GB, solusinya flashing kembali menggunakan Firmware bawaan Docomo).

7. Jika sudah siap, klik "Flash" dan tunggu beberapa menit.
Sekedar info, jika ada tulisan "Cannot open bundle, flashing operation failed" solusinya hapus folder prepared. Folder ada di C:\Users\(nama pc)\.flashTool\firmwares.


8. Lalu akan muncul perintah seperti ini :


9. Langkah yang harus kalian lakukan adalah
- Matikan device
- Colokkan kabel data ke PC (untuk hpnya nanti dulu)
- Tekan tombol volume bawah dan power bersamaan, sambil colokkan kabel data ke hp.



10. Jika semua sudah dilakukan. Semoga berhasil.

Saya sarankan sebelum flashing, backup data atau aplikasinya dulu biar nggak kehabisan kuota untuk download ulang di play store.

Sekian dari saya, langkah langkah ini sudah saya coba sendiri. Jika masih bingung atau punya pertanyaan silahkan hubungi saya lewat kontak yang saya sematkan dibawah.
Oh iya, saya juga berharap request kalian biar blognya nggak sepi begini hehe :D


Untuk yang mau invite saya di BBM ada info nih, BBM saya sejak saya pindahkan ke Xperia ZR pin mendadak berubah, ada yang tahu cara ganti ke pin lama? hehe.
Terimakasih.....


Big Thanks to :
- Sony Xperia ZR Docomo Indonesia
- GSMArena


Add me on Facebook : Nopyan Saiful Fajri
Follow Me on Twitter : @NopyanSF
Whatsapp : 081286323486

33 komentar :

  1. Sony zr docomo bisa pake jaringan 4g ga bang?

    Dia kan masih LTE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. LTE ama 4G apa beda nya bos,searching gi k google

      Hapus
    3. Bg yg dimaksud dengan. Sambungkan k pc. Kita harus nyambung kan k komputer ya

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gan hp saya ke volume bawah nya mati apakah itu masih bisa nge flash
    flash

    BalasHapus
  4. Ane bingung.. Ko sony ane (sony zr) ga bisa aktifin 4G nya?? Tolong kasih solusi bang

    BalasHapus
  5. punya ane kan serinya c5502, kalo pake firmware c5503 ada pengaruh apa engga? terutama di aktivasi sinyal 4g-nya

    BalasHapus
  6. Bang hp saya zr c5002 bisa 4g gak ya
    Kalo bisa kasih tau bang

    BalasHapus
  7. Bang hp saya zr c5002 bisa 4g gak ya
    Kalo bisa kasih tau bang

    BalasHapus
  8. Gan kira2 bisa ga ya
    ,Tadi nya internal saya 32
    Ko pas saya flash ke OS jelybeen
    Internal saya cuma ada 4gb

    ,Kalo pake frimwere 5.0.2 bisa kembali lagi gan internal maupun

    Please bales gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di flash lagi bro ke room docomo asli bawa.an kalau udah baru flash lagi ke global dan pasti'in partitionnya di centang biar nanti tetep 32 gb..

      Hapus
  9. Bang, saya ada sony xperia zr docomo. Ada jaringan 4G LTE. Tapi kok gak bisa ya? Tetep H+ dia. Mohon bantuannya bang.

    BalasHapus
  10. Saya flash xperia c5503 selalu gagal, kenapa ya gan...

    BalasHapus
  11. Gan..saya masih pemula, tapi pengen belajar upgrade sony zr docomo saya ke loolipoop.. Tahapan.tahapannya gimana ya gan?? Yang Tanpa PC gan

    BalasHapus
  12. Nice info
    Jngn lupa kunjungi juga
    https://genteknoo.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Lolipop 5.0.2 (C5503_10.6.A.0.454_Customize d_HK.ftf
    dah ga ada filenya

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Jika ada keluhan, silahkan tulis di komentar..