Senin, 23 Februari 2015

Tutorial Root Xperia E3

Assalamualaikum.. waaah sudah lama nggak muncul posting baru, jadi saya sempat-sempatkan kali ini, walaupun sibuk dengan SNMPTN/SBMPTN, dan Ujian Nasional tentunya.


Xperia E, kemunculannya dari awal memang sudah menarik perhatian, semakin banyak yang minat dengan device ini, maka Sony memutuskan untuk membuat penerus Xperia E. Dan salah satunya adalah Xperia E3 (nah yang paling baru itu Xperia E4).

Xperia E3 dibekali spesifikasi yang tentunya sudah banyak berubah dari Xperia E generasi awal (lagi lagi device ku merasa terpojokkan T_T) pastinya device ini sudah baik menurut saya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membeli device ini. Ngiklan mulu dari tadi :v udah, langsung ke topik aja :3

Melihat dari postingan saya Tentang root Xperia E, tidak sedikit juga yang menanyakan cara root Xperia E1 dan E3, sebelumnya saya sudah buat postingan tutorial root Xperia E1. Eh ternyata banyak juga yang request ke saya cara root Xperia E3 di bbm. Yasudah lah, daripada blog ini sepi, jadi sekalian saya ramaikan lagi.

Perlu dicatat bahwa Xperia E3 ini sudah KitKat, jadi metode root sudah berbeda - jauh lebih rumit karena harus UBL dulu.. untuk UBL saya nggak bisa berikan caranya, jadi saya ambil dari situs lain saja yaaa...

Bahan-bahan :

Kernel + CWM
Klik disini
Flashtool
Update SuperSU - bisa taruh dimana saja, tapi saran saya taruh pada sdcard0 supaya tidak lupa


Tutorial
- Sebelumnya, Firmware device harus yang terbaru. (Tidak tahu cara update firmware? - Masuk ke menu, setelan, tentang ponsel, pembaruan perangkat lunak) Firmware terbaru ; 18.4.C.2.12

- Device harus sudah UnlockBootloader, jika belum, masuk kesini dulu, klik Disini

- Periksa bahwa UBL sudah berhasil atau belum, dengan mengetik *#*#7378423#*#*, pilih Service info > Configuration. Lalu perhatikan yang paling bawah, jika "Bootloader unlock allowed : Yes" maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, jika sebaliknya. saya sarankan, jangan.
Berhubung saya belum punya hp nya, saya ambil dari Gugel saja :D
- Artinya sudah selesai UBL, sekarang matikan Device nya

- Buka flashtool, lalu device masuk ke Fastbook mode. caranya dengan menahan tombol volume plus (+) tahan sambil masukkan ke komputer melalui Kabel data USB. (Led akan berwarna ungu, dan pada log Flashtool akan muncul "Device connected in Fastboot mode")

- Klik ikon petir di Flashtool, pilih Fastboot mode, lalu pilih "Select kernel to Flash"




- Pilih file yang sudah didownload tadi, namanya boot_D2212_4.4.2.img lalu open

- Tunggu hingga selesai, sampai log pada Flashtool muncul tulisan OKAY

- Cabut Device dari komputer

- Masuk ke CWM, caranya. Nyalakan seperti biasa, lalu ketika muncul tulisan SONY, tekan tombol volume bawah berkali-kali hingga masuk CWM.

- Pilih Install zip > choose zip from storage/sdcard0 > pilih UPDATE-SuperSU-v2.37.zip lalu Yes

- Jika sudah, pilih +++++Go Back+++++, pilih Reboot System Now, lalu pilih Yes - Fix Root.

-  Dan selamat, Device anda sudah selesai di root.


Saya menyarankan untuk root Xperia E3 ini jika tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya tidak perlu di root. Karena untuk rooting saja harus lewat UBL yang garansinya akan langsung hangus. Kelemahan lain dari UBL yaitu tidak akan bisa update Firmware/System walaupun sudah mendapatkan notifikasi update terbaru, jadi harus update manual lewat Flashtool.
Untuk Relock Bootloader sayapun tidak tahu caranya. jadi pikirkan lagi ya :)



Big Thanks to :
- [OFFICIAL] SONY XPERIA E3 & E3 DUAL - INDONESIA
- Atiam (facebook)
- Om-gadget.com

Sekian, terimakasih.

Add me on Facebook : Nopyan Saiful Pajeri
Follow me on Twitter : @NopyanSF
Whatsapp : 0812863234486

0 komentar :

Posting Komentar

Jika ada keluhan, silahkan tulis di komentar..